Beranda > Artikel > PENTINGNYA PENDIDIKAN SEX BAGI REMAJA

PENTINGNYA PENDIDIKAN SEX BAGI REMAJA

Kalo mendengar kata seks, seringkali konotasi serta pikiran orang tertuju pada kegiatan hubungan badan yang dilakukan antara suami dengan istri atau kegiatan lain yang sejenis dengan itu. Padahal seks itu tidak melulu kegiatan hubungan badan karena berdasarkan asal katanya seks itu berarti jenis kelamin. Jadi seks itu adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis kelamin.Selengkapnya
Seberapa pentingkah pendidikan seks itu bagi remaja, trus kapankan idealnya seseorang dikenalkan dengan pendidikan seks, dan siapa yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan seks ?


Semua pertanyaan itu sering kali kita dengar, bahkan tidak jarang menimbulkan perdebatan.

Bila kita melihat berita di televisi, setiap hari kita disuguhi berita tentang ditemukannya mayat bayi yang dibuang ibunya di tempat sampah ataupun di sungai yang sering kali diyakini bahwa bayi itu sebagai hasil dari hubungan terlarang sehingga karena takut menimbulkan aib maka bayi itu dibunuh dan dibuang oleh ibunya sendiri. Belum lagi tentang terkuaknya berbagai tempat aborsi illegal. Sungguh hal ini membuat hati kita miris dibuatnya.

Dari penelitian beberapa ahli, ternyata salah satu penyebabnya adalah karena para remaja yang melakukan itu adalah mereka yang buta tentang seks atau memiliki persepsi yang salah tentang seks, sehingga mereka tidak tahu tentang resiko yang akan terjadi jika mereka melakukan hubungan suami istri pra nikah.

Mengapa Pendidikan Seks Bagi Remaja Apakah Diperlukan?

Terdapat beberapa alasan untuk memberi pendidikan seks kepada remaja.
Selama masa remaja, tidak hanya hormon saja yang bekerja sepanjang waktu, tetapi terjadi juga perubahan pada beberapa bagian di dalam tubuh struktur khususnya di organ seks. Hal ini membuat remaja ingin mencari tahu tentang perubahan ini. Selain itu adanya dorongan dari dalam diri untuk melakukan yang dilarang, dikombinasikan dengan tidak adanya kontrol yang memadai untuk keinginan.

Masalah seks di kalangan remaja bila tidak diberikan bimbingan yang tepat dapat memberikan dampak negative dan kerugian bagi remaja itu sendiri.

Mari kita mencoba untuk menganalisis alasan mengapa pendidikan seks untuk remaja itu diperlukan?

Bimbingan yang memadai akan selalu membantu mencegah hubungan seks pranikah pada remaja.
Di sini penting sekali menekankan tentang pelurusan dari pemahaman yang salah tentang kontrasepsi pada remaja, khususnya tentang kondom.

Dengan pendidikan seks, remaja sebaiknya juga mendapatkan pemahaman yang benar tentang bagaimana mengenali dan memelihara kesehatan organ seksualnya secara benar dan bertanggung jawab.
Pendidikan seks pada remaja akan membantu mengurangi dampak negatif dari kehamilan pada remaja, dan akibatnya pada masa depan mereka, sehingga mereka akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindarinya.

Lebih jauh lagi, pendidikan seks akan membantu untuk mengendalikan AIDS dan penyakit seksual lainnya seperti gonorea, syphilis, dan beberapa penyakit kelamin menular lainnya.

Pendidikan seks kepada remaja adalah tanggung jawab setiap orang tua dan guru. Lebih baik bagi mereka untuk mendapatkan hak memperoleh informasi dari orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya daripada mendapatkan keterangan yang salah dari sumber lain seperti teman-teman, majalah atau website.

Penerangan terhadap remaja merupakan kebijakan yang paling baik sebagai upaya preventif menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang berkembang di kelompok usia ini.

Kategori:Artikel Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: